Manfaatkan Waktu Berhargamu

by - September 04, 2018

Assalamu'alaikum.

Gimana nih belajarnya masih semangat? Atau udah kerasa males? Eitssss tapi buang jauh-jauh deh tuh rasa males nya, ga membuat maju males itu jamin deh.
Dari liburan kemarin udah ada niat mau nulis di blog  tentang tips-tips belajar dan menggunakan waktu dengan baik.
Terlebih buat kalian yang sekarang kelas 12 mungkin bertanya-tanya cara belajar yang efektif seperti apa, menentukan prodi dan universitas, dan apakah harus ambis atau bawa santai saja. Btw ini aku tulis sesuai dengan pengalaman aku sendiri.
So check this out ...

1. Mengulang Materi
Kebanyakan siswa bakal lupa sama apa yang dipelajari di sekolah jika ia tidak mengulangnya. Pernah ga sih kalian lupa sama materi yang udah dipelajarin padahal baru kemaren atau beberapa hari yang lalu guru kalian terangkan? Kalian tau kenapa itu bisa terjadi? 
Exactly itu karna kalian tidak mengulangnya saat di rumah. Tips yang pertama adalah baca kembali materi yang dipelajari di sekolah pada hari itu. Usahakan pas malem sebelum tidur atau bagi yang muslim kira-kira udah sholat isya kalian baca lagi materi yang dipelajari di sekolah. Tidak perlu kalian hapalkan kaya mau ulangan, tapi cukup dengan membacanya. Untuk pelajaran hitungan coba kalian kerjakan soal yang tadi dibahas di sekolah. Kalau kalian masih belum bisa mengerjakannya, lihat cara pengerjaannya dan kalian coba pahami. Setelah itu kalian kerjakan lagi tanpa melihat pembahasannya. 
"Tapi aku sampai rumahnya malem karena les/kerja kelompok, mau ngulang materi udah keburu cape"
Ini bukan menghapal tapi hanya membaca lagi. Luangkan waktu kalian sekitar 30 menit. Ada pepatah 'Alangkah bisa karena biasa' , kalau kalian mencoba membiasakan hal itu pasti deh bakal terbiasa.

2. List Deadline
Setiap guru itu beda-beda ya, ada yang selalu ngasih tugas trus ngumpulinnya tuh harus besoknya. Apalagi anak smanop udah biasa banget sama yang namanya tugas.
Pasti pada punya jadwal pelajaran kan? Nah tips yang kedua coba urutkan tugas yang sekiranya waktu pengumpulannya itu sebentar lagi. 
Misalnya pada hari Senin kalian dapet tugas mtk, inggris, indo, dan pkn, waktu pengumpulannya yaitu:
- Matematika dikumpulkan minggu depan
- Inggris dikumpulkan hari Rabu
- Indo dikumpulkan hari Selasa (besoknya)
- PKN dikumpulan hari Kamis
Menurut kalian mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu? Pasti kerjakan indo dulu kan ya karena dikumpulinnya tuh besok. Nah kalau masih ada waktu untuk mengerjakan pr untuk hari Kamis lebih baik kerjakan hari itu jangan nunggu besok. Kalau tugasnya buat minggu depan biasanya sih aku ngerjainnya pas hari sabtu, pokonya aku selalu ngerjain tugas tiap hari sabtu jadi pas minggu depannya udh ga perlu mikirin lagi deh tugas yang minggu kemaren

3. Rangkum materi
Biasanya nih rangkum materi tuh kalau udah mepet mau ujian. Tapi kebayang ga sih ujian kan sehari nya dua atau tiga pelajaran sedangkan materi yanh diujikan itu banyak banget. Habis sama ngerangkum dong kaya gitu kapan belajarnya. Aku ada tips nih biar rangkuman materi kamu rapi dan lengkap.
Kalian pasti punya binder kan? Apalagi cewe nih pasti punya. Aku biasanya rangkum materi di binder karna ya biar rapi aja keliatannya. Tapi tenang buat yang belum sempet beli binder dan juga para cowo nih yang jarang punya binder, kalian bisa ko pake buku catatan biasa.
Selain binder, kalian setidaknya punya 3 warna pulpen item, biru, merah. Loh buat apa? Warna itu buat ngebedain mana judul, penjelasan, dan kata kunci. Seneng ga sih kalau mau belajar dan rangkumannya cantik warna warni kan jadi semangat belajarnya juga. 
"Kapan waktu yang tepat buat merangkum?
Kalian bisa rangkum setelah materi itu selesai diterangkan oleh guru. Ciri-cirinya sih guru ngadain ulangan. Alternatif lain kalian bisa menyicil merangkum materi. Dikala ada waktu kosong daripada ngelamun mending nyicil materi bakal kerasa ko ya walaupun aku tau itu pasti malesin banget tapi percaya deh bakal nyesel sama waktu yang udah kita buang sia-sia.
So kalau udah nyicil materi jadi nanti pas ujian semester kamu ga perlu lagi rangkum tinggal baca aja materi yang udah di rangkum. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

4. Apa passionmu
Mungkin sangat dini sekali jika kelas 10 atau kelas 11 memikirkan jurusan apa yang akan diambil  saat nanti kuliah. Tapi menurutku itu tidak sepenuhnya benar. Malah bagus buat kalian yang udah mantap memilih jurusan untuk kuliah nanti. Bisa saja pas kelas 12 berubah pikiran. Yang masih belum tau passion nya dimana. Alangkah baiknya mulai dari sekarang tanyakan ke diri kamu minat dan bakat diri kamu ada dimana. Tidak perlu fokus ke satu jurusan, kalian bisa mempunyai beberapa jurusan yang kalian minati. List jurusan apa saja yang sekiranya akan kalian pilih. Saat kelas 12 kalian bisa konsultasikan ke bk, kaka kelas, teman sekelas, dan keluarga. Baru deh kalian tau jurusan apa yang kalian pilih. Awas jangan asal pilih jurusan ya karna kalau kamu ga menyukai jurusan tersebut nanti malah beban yang ada. So pilihlah jurusan sesuai hati kalian. Jangan sampai ikut-ikutan yaa. Buat kelas 12 nantipun kalian akan diberikan pemetaan nah dari situ kalian tau teman kalian akan pilih jurusan apa. Kalian bisa liat saingan di jurusan yang dipilih siapa.
Siapa sih yg gamau masuk universitas favorit? Tapi jangan sampai jg kalian keukeuh ingin masuk salah satu universitas hanya dengan keyakinan "ah yg penting mah masuk univ A", bisa dibilang prioritaskan jurusan terlebih dahulu baru univnya. Tapi itu balik lagi ke pribadi masing-masing yaaa, itu cuma pendapat dan saran aku aja sih.

5. Belajar SBMPTN jangan berharap SNMPTN
Khusus buat kelas 12 belajarlah dari sekarang untuk SBMPTN. 
"Kan baru juga semester awal kelas 12 masa udah ambis sih?"
Menurutku itu bukan ambis ya tapi lebih ke strategi. Percaya deh di semester 2 nanti jadwal kalian padat. Mulai dari ujian praktek, TO, simulasi, USBN, UN. Kebayang kan gaada waktu buat mikirin SBMPTN. Kalau dari sekarang kalian sudah melihat soal-soal SBMPTN otomatis saat nanti kalian benar benar bakal belajae udah terbiasa. 
"Katanya kan tahun depan SBMPTN bakal diganti percuma dong belajar dari sekarang?"
Menristekdikti rencanya akan mencoba menerapkan Tes Centre yg akan dilaksanakan lebih dari satu kali dan di daerah masing-masing sehingga daerah 3T dapat mengikuti tidak seperti tahun lalu yg diharuskan untuk ke daerah pusat dan itu akan memakan biaya yg sangat banyak. Nah sistem Tes Centre tuh semacam tes toefl lagi jadi nantinya setelah tes kita akan mendapatkan skor dan skor itu tuh kaya tiket buat masuk PTN. Setiap PTN punya skor minimalnya buat bisa masuk ke PTN tersebut. Katanya sih Tes Centre ini tes sesuai minat ga kaya SBMPTN yg mengujikan materi unum sepeeti fisika, kimia, ekonomi, sosiologi, dan lainnya. Sepertinya akan banyak yg pro terhadap Tes Centre ini. 
Lebih baik pantengin aja info-info tentang SBMPTN biar ga ketinggalan.
Terlepas dari diganti atau tidaknya toh yang penting kita sudah belajar, ilmu ga ada yang sia-sia kok.
Untuk kalian yang nanti dapet kuota SNMPTN bersyukurlah tapi jangan dulu berbangga diri. Hanya mewanti-wanti saja jangan terlalu bergantung dan mengharapkan SNMPTN karna kita tidak tau penilaian nya seperti apa. Untuk yang nanti keterima SNMPTN bersyukurlah karna Allah telah mempercayakan kalian untuk mendapatkan rejeki lewat SNMPTN. Buat yang tidak lolos jangan sedih dan berkecil hati. Perjuangan kalian masih panjang, jalan masih banyak. Untuk itu aku sarankan untuk belajar SBMPTN dari sekarang. Pait pait nya nih kalau kalian ga dapet SNMPTN. 
"Aku udh belajar SBM dan alhamdulillah dapet snm duh buat apa donh aku belajar sbm"
Heiii ilmu itu ga ada yang sia-sia, kamu bisa bantu teman kamu yanh berjuang untuk sbm mashaallah pahala nya itu sedekah jariyah.

6. Seimbangkan antara main dan belajar
Aku juga merasakan ko saat sekolah inginnya tuh main mulu pokonya males belajar ah nanti lagi aja belajar mah masih banyak waktu nikmatin aja masa masa sekolah. Aku jamin deh yang ngomong gitu bakal nyesel. Contohnya aku sendiri. Dulu bisa dibilang aku santai dalam belajar. Pikirku ah masih banyak waktu. Tapi namanya waktu ga kerasa tiba tiba udah mau usbn un bahkan sbm. Aku nyesel kenapa ga dari dulu aku belajar mungkin gabakalan aku maksain paham beberapa materi hanya dalam beberapa hari.
"Trus harus gimana dong?"
Kalau kamu udah ngelakuin yang aku sarankan diatas, pasti kamu punya waktu main. Tapi kalian harus punya kesadaran juga untuk menyeimbangkan antara main dan belajar. Belajar mulu pasti penat dah tuh otak bisa ngebul maka dari itu butuh juga main. Tapi kalau main mulu bisa gainget waktu, terlena dengan main yang asik dan santai hingga lupa belajar dan tugas yang diberikan sampe mepet deadline nya. Harus pinter pinter bagi waktu yaaa.

7. Berdoa
Setelah usaha yang kamu lakukan jangan lupa untuk berdoa. Ini penting banget sih, kalau berusaha tanpa berdoa ga akan lengkap, mau sekuat apapun berusaha tapi Allah tidak mengijinkan kita bisa apa ya ga? Makanya perkuat doa kalian, minta yg terbaik dan inshaallah segalanya dilancarkan oleh Allah. Aamiin.

So itu dia tips buat kalian adik adikku. Semoga kalian bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar tidak menyesal nantinya. 
Terus berusaha dan berdoa, jangan patah semangat, serahkan semua kepada Allah.
Aku tunggu kabar gembira kalian. 
Dadahhhh...

Picture by pinterest https://pin.it/cizpl5xb6vwx4g


You May Also Like

0 Comments