Hijab

by - August 12, 2019

Hai hai haiii

Hari Senin yang cerah ya teman-teman. Pagi tadi baru aja nonton video salah satu youtuber yang baru aja pakai hijab. Sadar ga sadar sekarang para youtuber bahkan artis yang bisa dikatakan sebagai public figure udah banyak yang memutuskan untuk menutup auratnya. Pasti ada ceritanya tersendiri ya dibalik keputusan mereka menutup auratnya. Rata-rata sih menyentuh hati cerita para public figure ini. Nah karena lagi gabut juga jadi kayanya seru juga kalau nulis cerita tentang hijab. Jadi, kali ini aku akan bercerita awal mula aku memutuskan untuk berhijab dan juga hal-hal yang masih tentang hijab.

Dicerita ini aku bakal pake kata berhijab ya dan maksud dari berhijab itu menutup aurat. Ngerti kan?

Aku niat berhijab tahun 2015 saat itu aku baru lulus SMP dan mau masuk SMA. Memutuskan buat pake hijabnya itu hari kedua masuk SMA. Tetapi sebenernya niat itu udah ada selama SMP. Awal masuk SMP aku berniat untuk pakai hijab cuman waktu itu rasanya masih setengah-setengah dan juga emang gaada yang maksa juga dari orang tua. Jadi ya hanya niat ga dilaksanain. Cuma aturan di sekolahku waktu itu setiap hari Jumat dan pelajaran Agama wajib pake kerudung jadi ga lost bangetlah ya sama kerudung. Walau nyatanya cuma pas pelajaran Agama doang pake kerudungnya hehe.

Niat berhijab kembali muncul pas mau naik kelas 8 SMP, cuman masalahnya saat itu belum nemu ciput yang bener-bener 'enakeun' soalnya saat itu kebanyakan pake kerudung dan berciput jarang ada yang pake kerudung tanpa ciput. Pokoknya patokanku bakal pake hijab kalau nemu ciput yang 'enakeun'. Karena ciputnya belum nemu-nemu akhirnya ga jadilah pake hijabnya dan juga tahun 2013-an kan lagi hype banget yang namanya rambut badai ya. Jaman-jamannya ask fm pada inget ga? Suka ada yang nge-ask 'pap rambut' dan klo emang rambutnya bagus pasti yang nge-love banyak. Kebetulan alhamdulillah rambut aku terbilang yang bisa diatur haha (menurut aku sih ya). Karena pada dasarnya orang tuh suka akan pujian maka dari itu aku membiarkan rambutku masih terlihat oleh banyak orang. Ohiya selama SMP, mamah udah nyuruh-nyuruh aku pake hijab sih cuma ya dulu agak keras kepala. Aku suka bilang "nanti semester depan" gitu aja terus sampe lulus SMP.

Jarak dari kelulusan SMP sampe masuk SMA itu ngelewatin lebaran. Lebaran kali itu belajar aku berhijab. Beberapa hari setelah lebaran ada nikahan sodara trus pas lagi siap-siap karena aku memang belum berhijab aku rencananya mau catokan tuh tapi mungkin udah jalannya dari Allah, tiba-tiba aku ditawarin pake hijab kebetulan ada satu kerudung yang ga dipake. Entah hati aku mulai luluh atau gimana akhirnya aku mau pake hijab di acara nikahan sodaraku itu. Dari situ selama pulang kampung aku coba pake hijab klo keluar rumah. 

Ketika daftar SMA, aku ga pakai hijab karena saat itu rambutnya lagi oke haha. Sampe di sekolah tanpa diduga rambutku keliatannya lepek gitu soalnya cuacanya emang lagi panas dan pakai helm jadinya keringetan gituloh, jelek banget pokonya. Mamah bilang, "tuhkan mending dikerudung" aku mulai menimang-nimang perkataan mamah. Iya juga ya klo dikerudung ga bakal ada yang tau keadaan rambut lagi gimana, pikirku dulu.

Hari pertama masuk SMA belum pake hijab padahal udah niat tuh sebelum-sebelumnya kalau masuk sekolah bakal dikerudung. Mamah nanya, "katanya mau dikerudung" dengan santainya aku jawab "nanti lagi aja weh". Labil sekali kamu Siska.

Keesokan harinya atau tepatnya hari pertama MPLS, aku coba pake kerudung masih inget banget kerudung paris yang tipis tau kan? trus ga pake ciput dan kegiatan hari itu lumayan berkeringat alhasil rambut keluar-keluar duh ga nyaman deh pokoknya. Karena udah pake kerudung ke sekolah ga mungkin dong kalau dilepas. Makanya aku mulai cari ciput yang tegak gitu, alhamdulillah nemu tuh yang 'enakeun' pada saat itu dan kalau diliat sekarang sih bikin muka bulet kalau pake ciput itu kok dulu aku pede banget ya:( akhirnya mulai saat itu aku memutuskan buat mulai pake hijab.

Kalau dibaca runtutan kejadian diatas pasti kesannya kaya gaada niat yang bener-bener dari hati. Kaya gaada faktor yang bikin hati tersentuh gitu ya wkwk. Eitss jangan salah selama aku belum berhijab, pernah kepikiran buat pake hijab. Alasan yang pertama karena melihat teteh. Teteh aku memutuskan berhijab saat dia masuk kuliah. Dia kan sering foto-foto ya dan hasilnya itu cantik ga mengurangi sedikitpun kecantikannya meskipun pakai hijab. Trus ada salah satu foto yang pernah dia post di instagram juga yang bikin aku sadar walaupun pake hijab tapi ga membuat penampilan jadi kaku. Tapi ya itu masih kepikiran doang belum bener-bener niat soalnya sayang sama rambut yang lagi bagus-bagusnya. 

Selain melihat teteh, yang kedua aku juga pernah beberapa kali baca post-an yang suka ada di timeline yang memperlihatkan dosa-dosa seorang wanita muslimah karena tidak menutup aurat. Saat itu ada rasa takut tapi cuma sebentar. Sampe akhirnya saat libur kelulusan aku baca salah satu post-an tertulis kalau satu langkah kita keluar rumah tanpa menutup aurat sama seperti menghantarkan tujuh langkah ayah kita ke neraka (kurang lebih kaya gitu tulisannya). Serem dong ya kebayang udah berapa ribu bahkan jutaan langkah aku keluar rumah tanpa menutup aurat artinya udah banyak juga langkah yang menghantarkan ayah ke neraka naudzubillahimindzalik. Bisa dibilang ketakutan itu yang membuat aku lebih mantap buat berhijab dan ketakutan akan penampilan aku buang jauh-jauh, because my role model at that time is my sister dan tentunya tetep cantik.

Bingung juga kalau ditanya hidayahnya waktu kapan. Mungkin hidayahnya dari SMP pun udah ada cuma aku menyadari dan mengambil hidayah itu pas aku baca post-an di timeline itu. Bentuk hidayah yang nyantol ke aku kayanya sebuah ketakutan. Alhamdulillah aku menyadari itu secepatnya walau menurutku sadarnya agak terlambat sih karena awal SMP itu aku udah baligh. Jadi, itulah cerita aku memutuskan buat berhijab. Tidak semenyentuh cerita orang-orang sih wkwk. Bahkan aku sadar akan wajibnya menutup aurat dan dosa-dosa kalau ga menutup aurat itu pas udah berhijab. Jadi, istilah 'yang penting hijab dulu baru hijabin hati' tepat menggambarkan diri aku.

Bukan berarti setelah memutuskan berhijab, aku baik segalanya dalam segi agama. Aku pernah kok kepikiran buat buka hijab dan menurut aku itu wajar semua perempuan pasti pernah kepikiran soal itu. Cuma balik lagi ke kuatnya iman dan konsekuensi dari perbuatan tersebut. Selama aku berhijab pernah juga kok buka hijab dan keliatan sama laki-laki. Ga bermaksud bangga akan hal itu hanya realistis aja, soalnya aku berada di lingkungan yang bisa dibilang ada di batas wajar atau kasarnya "ga alim-alim banget".

Sampai sekarang hijabku masih jauh dari kata syar'i. Kadang pake ciput kadang juga ga pake kalau lagi males. Kadang menutupi dada kadang diiket kebelakang juga. Buat aku itu ga masalah dan semua butuh proses. Dari awal berhijab sampe sekarang pun menurutku aku sedang berproses.

Makanya aku berusaha buat ga men-judge seseorang karena hijabnya belum ini belum itulah atau karena masih lepas pasang. Aku menghargai keputusan seseorang dalam hal menutup auratnya/hijabnya. Toh aku yakin setiap orang dalam mendapatkan hidayah itu caranya berbeda-beda.

Sekali lagi aku menulis ini bukan berarti aku sudah sepenuhnya benar. Aku hanya menulis ceritaku mengenai hijab. Iman sifatnya kan fluktuatif ya. Begitupun aku hanya manusia biasa. Mohon koreksi jika terdapat kesalahan.

Semoga kita bisa istiqomah dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Aamiin.
Byebyeeeee

Pictured by pinterest https://pin.it/ggiselybfefhw6

You May Also Like

0 Comments