Miss My Hero

by - January 28, 2019

Hallo!

“Harta yang paling berharga adalah keluarga”

Pasti udah ga asing lagi sama kalimat tersebut, iya kan? 
Begitulah penggalan lirik lagu dari soundtrack film Keluarga Cemara. Ngomongin soal keluarga cemara nih kebetulan aku udah nonton and so this blog I will review that film, sekalian mau sedikit cerita beberapa kisah yang aku lalui bersama keluarga (curhat colongan juga tetep wkwk).

Aku nonton sekitar dua minggu yang lalu tepatnya hari Jumat tanggal 11 Januari 2018 bersama ketiga sahabatku. Kami nonton di Festival City Link salah satu mall yang ada di Bandung. Sebenernya mau nonton hari kamis tapi kebetulan aku masih UAS dan harus belajar extra, makanya mereka reschedule ke hari jumat karena hari itu hari terakhir aku UAS, terima kasih kawan-kawanku dengan senang hati memindahkan jadwal nonton ke hari jumat love you guysss.

Kami pesan tiket secara online dan memilih pukul lima sore karena aku baru keluar kelas pukul tiga sore. Makanya pas baru kelar UAS-nya langsung aku pesen gojek. Pesan gojek itu jam tigaan dan baru pergi jam set empat soalnya nunggu absen dan foto-foto dulu. On the way menuju FCL, langit udah keliatan mendung banget kaya mau hujan bentar lagi dan ternyata bener dong belum juga setengah jalan tapi udah hujan gede banget untung mang gojek nya bawa jas hujan jadi yang kebasahan cuma sepatuku saja. Mana macet lagi padahal udah jam empatan, degdegan takut telat masuk bioskopnya. Alhamdulillah sampe FCL ga telatlah masih ada waktu. Abis itu kita print tiket trus masuk ke studio bioskop.
Aku gaakan nyeritain semua cerita di film nya gamau spoiler juga. Tapi aku bakal nyeritain kesan aku setelah menonton film keluarga cemara, oke.

Aku ulas sedikit dulu kalau Keluarga cemara merupakan film adaptasi dari serial telivisi yang berjudul sama karya Arswendo Atmowiloto. Serial TV yang berjudul Keluarga Cemara ini tayang pada tahun 1996 dan tamat pada tahun 2005 dengan jumlah 750 episode. Jujur aku belum pernah nonton serial keluarga cemara aslinya sih. Cuma sering denger gitu sama di timeline suka ada yang flashback anak zaman 90-an itu suka nampilin foto keluarga cemara. Trus kalimat ‘harta yang paling berharga adalah keluarga’ pun aku tau kalau itu dari serial keluarga cemara juga tapi secara keseluruhan gatau ceritanya itu gimana. Btw aku generasi anak 90-an loh, kan aku lahir tahun 1999 wkwk 90-an akhir gitu ya.

Film Keluarga Cemara ini tayang dari tanggal 3 Januari 2018. Sampai hari ini tanggal 28 Januari 2018 masih tayang dengan rating 8.2/10 menurut IMDb.com dan jumlah penonton sebanyak 1.631.797 menurut filmindonesia.or.id.

Awalnya ga tertarik buat nonton film nya karena ini film keluarga kan dan yang langsung terbesit dipikiranku tuh ga seru aja kayanya soalnya aku lebih suka yang romance gitu loh wkwk, tapi dari review-nya pada bilang seru dan sedih. Kebetulan ada yang ngajak nonton juga jadi yaudah ayo deh nonton. Awal-awal sih ga langsung sedih, aku juga ga langsung ngeluarin mata gitu aja wkwk aku tidak selebay itu kawan, mentang-mentang pada bilang sedih trus menit pertama langsung nangis ya ga gitu juga.
Dari cinematography menurutku keren banget sih parah. Ditambah memang pemandangannya juga bener-bener bagus. Kayanya film-film Indonesia sekarang dari segi gambar udah oke punya sih.
Karakter Ara yang menggemaskan juga jadi point seru nya dari film ini. Atau emang peran Ara di serial aslinya kaya begitu yang polos lucu, bikin first impression terhadap sosok Ara ini gemes gitu. Trus aku merasa karakter Euis ini sama kaya aku.

Apa sih yang membuat film ini sedih?

Menurutku film ini sedih karena ceritanya relate sama aku sendiri, entah aku yang terlalu bawa perasaan juga ya haha. Aku rasa ada beberapa part cerita keluarga cemara ini yang kaya i can relate gitu. Saat Abah lagi ada di keadaan yang down, feel nya itu dapet karena memang aku pernah merasakan keadaan saat keluargaku lagi down. Ditambah lagi faktor kangen sama bapak jadi salah satu alasan film ini sedih dan berhasil bikin aku nangis.
Pas adegan Abah marahin Euis, kena banget kaya aku yang lagi dimarahin walau kenyataannya aku jarang banget dimarahin sebegitu marahnya sama bapak sih. Trus scene pas di rumah sakit, Abah maksa ngasihin jaketnya ke Euis buat dipake. Seperhatian itu Abah sama Euis karena gamau Euis kedinginan dijalan. Itu scene yang puncak sedihnya sih menurut aku, maybe kata kalian scene-nya b aja nothing special but for me that so sad. Why? karena scene itu mengingatkan aku sama bapak. Kejadiannya hampir sama, waktu itu bapak ngasihin jaket juga buat aku. Waktu itu aku kelas 8 dijemput sama bapak soalnya aku gabawa uang bekel (bukan gabawa sih emang abis), ditengah perjalanan kita mampir dulu di warung makan padang. Tiba-tiba hujan turun dan sampai kita selesai makan pun hujannya belum berhenti, akhirnya kita maksa pulang dan bapak ngasihin jaketnya buat aku pake dan bapak cuma pake kaos lengan pendek doang. Lupa bapak bilang apa waktu itu tapi kalau gasalah aku sempet nanya "bapak pake apa?" dan bapak bilang "gapapa deket ini" sumpah dijalan aku hampir nangis dong, kebayang ga sih dinginnya lagi ngendarain motor pas lagi ujan. Jadi kangen bapak kan huhu.
Pokonya film ini sukses bikin aku nangis setelah film Wedding Dress dan Surga Yang Tak Dirindukan. Btw kalian nonton Surga Yang Tak Dirindukan nangis ga? kok aku nangis ya wkwk.

Blog kali ini random banget ya dari review ke curhat wkwk. But no problem aku cuma ingin share aja kesan setelah nonton film Keluarga Cemara. Kesan kalian terhadap film ini pasti akan berbeda-beda bagaimana kalian menikmati filmnya dan meresapi setiap adegan-adegannya sehingga dapet value yang bisa diambil. 

Aku kasih jempol buat film Keluarga Cemara keren banget. Film Indonesia ga kalah bagusnya sama Film Holywood. Top!! 
Apresiasi karya anak bangsa salah satunya dengan menonton film Indonesia di bioskop. Sukses film Indonesia semoga dapat menyajikan film-film yang menarik, mengedukatif, dan menginspirasi.

Thanks for reading my blog and see you at next blog, bye!

Picture by pinterest https://pin.it/ufqnftttxzvpi2

You May Also Like

0 Comments